Development of an Acid-Base E-Module Based on Project-Based Learning (PjBL) Assisted by Canva Application

Authors

  • Nur Fadillah Universitas Negeri Medan
  • Ani Sutiani Universitas Negeri Medan

Keywords:

E-Modul, Project Based Learning (PjBL), canva, Asam Basa

Abstract

Pengembangan E-Modul Asam Basa Berbasis Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Aplikasi Canva. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif pada materi asam basa berbasis Project Based Learning (PjBL) dengan bantuan aplikasi Canva. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) pada tahap disseminate dilakukan penyebaran terbatas. Instrumen yang digunakan meliputi angket analisis kebutuhan siswa, validasi ahli media dan materi, serta angket respon guru siswa dan analisis data menggunakan skala likert. Responden dalam penelitian ini adalah 3 orang dosen jurusan kimia Uniersitas Negeri Medan, 2 orang guru kimia MAN dan 20 orang siswa MAN 2 Model Medan. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan kebutuhan tinggi terhadap e-modul interaktif. Validasi dari ahli media dan materi dinilai oleh 2 ahli yaitu dua ahli materi dan dua ahli media, masing-masing menunjukkan kevalidan sangat tinggi dengan rata-rata persentase 90,7% dan 86,2%. Hasil Respon guru terhadap e-modul sebesar 85,3% dan hasil respon peserta didik sebesar 93,2%, menunjukkan bahwa e-modul sangat layak digunakan. E-modul asam basa yang dikembangkan valid, praktis, dan layak digunakan dalam pembelajaran kimia.

Downloads

Published

2025-09-24